Minggu, 24 Maret 2013

NEGARA TUJUAN EKSPOR INDONESIA

Baru-baru ini pemerintah Indonesia memberikan penghargaan Primaniyarta yang ditujukan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai kinerja tinggi di bidang ekspor. Menurut data statistik, ekspor Indonesia tahun 2010 telah menembus angka US$ 150 Miliar yang merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah ekspor nasional, dan diperkirakan pada tahun 2011 ini akan menembus angka US$ 200 Miliar.
TUJUAN EKSPOR
Dari keseluruhan nilai ekspor indonesia, saat ini ekspor non migas menyumbang 80% terhadap total ekspor nasional, telah menggeser dominasi ekspor migas. Untuk ekspor non migas penyumbang terbesarnya masih bersumber dari ekspor sumber daya komoditas dan mineral seperti minyak sawit dan batubara.
Tren positif kinerja ekspor Indonesia berlangsung seiring pergeseran negara-negara tujuan ekspor. Apabila 10 tahun lalu sekitar 60% negara tujuan ekspor Indonesia didominasi negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa, kini sekitar 70% berpindah ke negara berkembang, termasuk kawasan Asia yang sekarang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Berikut negara tujuan ekspor Indonesia diurutkan berdasarkan nilai ekspornya saat ini :
  1. China
  2. Jepang
  3. Amerika Serikat
  4. India
  5. Singapura
  6. Malaysia
  7. Korea Selatan
  8. Thailand
  9. Taiwan
  10. Jerman
Dengan data tersebut semoga bisa bermanfaat bagi para pelaku ekspor untuk menyusun strategi bisnisnya di masa yang akan datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar