Minggu, 24 Maret 2013

Definisi Perdagangan Internasional

Definisi Perdagangan Internasional – siputro.com. Terhitung sampai saat ini telah banyak produk-produk asli Indonesia yang telah menjadi komoditas Internasional. Selain memberi keuntungan berlipat bagi produsen perdagangan internasional ini juga berarti penting bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Contohnya seperti sandal etnik dari ni nyoman yang berhasil menembus pasar internasional. Begitu pentingnya perdagangan internasional bagi negara terkait namaun sebelum kita membahas tentang perdagangan internasional kita akan membahas terlebih dahulu definisi perdagangan internasional.
Perdagangan internasional adalah transaksi perdagangan yang dilakukan antar negara baik berupa barang ataupun jasa. Perdagangan internasional sangat penting bagi suatu negara karena selain dapat memenuhi kebutuhan hidup berbangsa dan bernegara perdagangan internasional ini juga sangat penting mengingat pentingnya pengakuan de jure bagi suatu negara yang merupakan salah satu syarat bagi terbentuknya suatu negara. Dengan dilakukannya perdagangan internasional secara tidak langsung negara relasi mengakui keadaan negara lain sebagai suatu negara yang utuh.
Efek dari perdagangan internasional ini adalah munculnya pihak produsen dan konsumen. Mereka negara yang mampu menghasilkan produk-produk dagangan yang dibutuhkan negara lain akan menyandang status produsen. Sedangkan mereka yang tak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri akan menjadi konsumen bahkan tidak jarang mereka yang terikat dalam ikatan perdagangan internasional ini karena negaranya memang benar-benar tidak bisa memenuhi kehidupan negaranya sendiri. Sebagai salah satu contoh adalah inflasi ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat. Inflasi ini terjadi karena begitu besarnya konsumsi BBM yang tidak bisa dipenuhinya sendiri sehingga mau tidak mau mereka harus mengimpornya dari negara timur tengah.
Indonesia pun kini telah menjadi salah satu negara yang sangat dilirik dalam perdagangan internasional. Kurangnya kebijakan yang mendukung “cintai produk bangsa” dan jumlah penduduk yang terus berkembang pesat membuat Indonesia salah satu pangsa pasar yang begitu diperhatikan. Lihat saja bagaimana prosen motor jepang menjajakan produknya bahkan menghadirkan bintang-bintang moto GP untuk menarik minat konsumen. Begitu juga vendor-vendor ponsel pintar yang semakin menggeliat dipasaran Indonesia.
Perdagangan Internasional adalah suatu hal yang positif namun akan jadi negatif apabila negara kita terus menerus menjadi konsumen. Cintai produk sendiri dan mencoba kreatif dengan melakukan inovasi-inovasi yang dibutuhkan dunia adalah langkah efektif untuk mendapatkan efek positif sebagaimana definisi perdagangan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar